Bangun Desa Berkelanjutan, Dinas PMD Bangka Gelar Konsolidasi Data SDGs

KBRN, Sungailiat : Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka menggelar Pelatihan Konsolidasi Data Sustainable Development Goals (SDGs) Desa kepada admin desa, enumerator SDGs desa dan pendamping desa sebanyak 100 orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Dalyan Amrie, dalam sambutannya mengatakan bahwa SDGs desa adalah tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) di desa berbasis data sebagai arah perencanaan dan pembangunan sesuai kondisi faktual di desa.

Utamanya penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdesa) sebagai dasar penyusunan APBDes tahun 2023 sekaligus mempermudah intervensi pemerintah mendukung pembangunan di desa.

”Melalui pelatihan ini diharapkan Admin desa dapat menginput data SDGs desa dengan baik secara kuantitas dan kualitas ke dasboard (aplikasi SDGs Kemendes) termasuk pemuktahiran data secara berkala,” ujar Dalyan, Selasa (25/10/2022).

Untuk 18 tujuan SDGs tersebut, diharapkan Dalyan, desa tetap mengalokasikan kegiatan perbaikan dan konsolidasi data SDGs pada APBDes tahun 2023 sebagai rujukan petugas pendataan dan penginputan data SDGs sesuai Permendes PTT nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023.

Hadir pada acara narasumber berasal dari PIC SDGs Kementerian Desa PDTT (Willy Rayenedra),yang juga dihadiri Ketua Apdesi Kabupaten Bangka Saiful Ahyar Dan Korkab Tenaga Ahli Kabupaten Bangka Imam Subandi.